Kamis, 29 Januari 2009

Imam Muhyiddin Abu Zakaria Yahya An Nawawi Ra

Imam Muhyiddin Abu Zakaria Yahya An Nawawi merupakan seorang Wali Qutub dan Ulama Mazhab Syafi’i. Menurut Al- Manawi, sejak kecil Imam Nawawi terpelihara baik. Tatkala berusia 8 tahun, beliau melihat cahaya memancar selintas. Anak-anak sebayanya membencinya, tidak mau bermain dengannya, dan kalau beliau datang mereka pergi. Pada waktu itu di Baghdad ada seorang laki-laki yang saleh dan taat bernama Yasin bin Abdullah Al-Maghribi, asal Maroko. Ia seorang yang kasyaf dan keramat, memiliki took di Bab Jabiah. Pada suatu hari ia berjalan-jalan ke Nawa. Nampaknya ketika itu Imam Nawawi masih kecil, tapi menurut firasatnya, beliau bakal menjadi orang ternama dan cerdas. Maka dianjurkannya supaya Imam Nawawi rajin belajar dan menghafal Al-Qur’an.

Beberapa waktu setelah itu, Imam Nawawi mengunjunginya dengan merendah diri, hormat dan sopan. Imam Nawawi belajar kepadanya tentang jalan mendekatkan diri kepada Allah swt.

Pendapat dan Kelebihan Imam Nawawi

  • pada suatu hari, Imam Nawawi menentang keras keinginan wakil pemerintah Syiria untuk memindahkan buku-buku perpustakaan Mesjid Umawi, ke negeri lain. Mengingat penolakannya yang begitu keras, wakil pemerintah marah, mengamuk hendak menerkamnya. Pada waktu itu wakil pemerintah itu duduk di atas karpet/hambal; di atas karpet itu terdapat kulit harimau dan kulit binatang buas lainnya. Melihat sikap wakil pemerintah yang siap hendak menerkamnya itu; Imam Nawawi memberi isyarat kepada kulit binatang buas tersebut , maka dengan izin Allah swt, muncullah beberapa ekor harimau dan binatang buas dan binatang buas, dengan mulut ternganga siap hendak menerkam wakil pemerintah yang kasar itu. Ia pun lari terbirit-birit untuk menyelamatkan diri. Demikian pula anak buahnya. Sesudah menyaksikan peristiwa ajaib itu, maka wakil pemerintah dan anak buahnya mengadakan perdamaian dengan Imam Nawawi. Dan sesudah perdamaian tercapai, mereka mengakui kehebatannya, lalu mencium tangannya. ( Imam Sya’rani dalam kitab Al-Minan )

  • Menurut pandangan sebahagian orang-orang yang Kasyaf, Imam Nawawi sebelum wafat, akan menjadi Wali Qutub. Pada suatu hari Syekh Saleh Abu Qasim Al-Mari pernah bermimpi melihat beberapa bendera berkibar dan mendengarsuara trompet. Ia bertanya :”Apa ini?” terdengar jawaban :”Pada malam ini Imam Nawawi diangkat dengan resmi menjadi wali Qutub.” Mimpi itu ingin disampaikannya kepada Imam Nawawi. Ketika itu Imam Nawawi sedang berada di suatu majelis bersama dengan sejumlah sahabatnya. Melihat Syekh Saleh datang , Imam Nawawi bangkit mengejarnya dan membisikkan supaya mimpi itu jangan diceritakan kepada siapapun.

  • Ibnu Wardi meriwayatkan bahwa pada suatu hari Ibnu Naqib menemui Imam Nawawi dan beliau menyambut kedatangannya, dengan mengucapkan :”Selamat datang wahai Hakim Agung, silahkan duduk wahai pengajar Mazhab Syafi’i.” Tidak lama sesudah itu, Ibnu Naqib diangkat menjadi Hakim Agung dan Guru Besar dalam pengembangan Mazhab Syafi’i.

  • Pada suat hari Imam Nawawi menjenguk Abu Hasan yang sedang sakit di tempat kediamannya, Damaskus. Ia sedang sakit kaki. Imam Nawawi duduk disampingnya sambil bercakap-cakap, menyabarkannya. Sejak mulai bercakap-cakap, ternyata penyakit Abu Hasan berangsur-angsur sembuh, dan sebelum Imam Nawawi meninggalkannya, ia sudah sembuh sama sekali.

  • Imam Nawawi berpendapat bahwa melihat amrad ( anak laki-laki mendekati usia baligh ), adalah haram, walaupun tidak timbul berahi. Pada suatu hari, seorang anak muda ingin mengujinya. Ia naik ketingkat atas tempat khalwat Imam Nawawi, dengan bersembunyi. Dari situ dijulurkannya kepalanya untuk mengintip. Imam Nawawi sadar bahwa beliau diintip, maka beliau pun memandang kea rah anak muda itu dengan sorot mata tajam. Akibat pandangan itu, daging pipi anak muda itu rontok berjatuhan.

Karya Imam Nawawi

1. Syarah Muslim

2. Al-Azkar

3. Riyadus Sholihin

4. Tahdzibul Asmaai Wal Lughati

5. Al-Minhaj

Wafatnya Imam Nawawi

Beliau wafat pada tahun 676 H / 1277 M, dimakamkan di Nawa, wilayah Hauran, Syiria.

FATWA IMAM NAWAWI YANG MENGGEMPARKAN

Menurut riwayat bahawa apabila baginda sultan al-Malik al-Zahir telah mengadakan persiapan perang untuk memerangi orang-orang Tatar (monggol) lalu digunakanlah fatwa ‘ulama yang mengharuskan mengambil harta rakyat untuk kepentingan perang melawan musuh. ‘Ulama fiqh negeri Syam telah menulis menerangkan fatwa tersebut, tetapi baginda belum merasa senang hati kalau imam Nawawi tidak memberi fatwanya. Lalu baginda bertitah “Masih adakah lagi orang lain”. “Masih ada, al-Syaikh Muhyiddin al-Nawawi” – demikian jawapan yang disampaikan kepada baginda.

Kemudian baginda menjemput Imam Nawawi dan meminta beliau memberi fatwanya bersama ‘ulama fiqh mengenai pengambilan harta rakyat untuk peperangan. Beliau berterus terang tidak mahu memberi fatwanya dan enggan. Baginda bertanya: “Apakah sebabnya beliau enggan?” Lalu beliau memberi penjelasan mengapa beliau terpaksa menerangkan sikapnya dan keenggannya memfatwakan sama seperti para ‘ulama. Beliau dalam penjelasan kepada baginda menerangkan seperti berikut! Ampun Tuanku! Adalah patik sememangnya mengetahui dengan sesungguhnya bahwasanya tuanku adalah dahulunya seorang tawanan tidak ada sebarang harta benda. Tetapi pertolongan Allah telah dilimpahkan kurnianya kepada tuanku dengan dijadikan tuanku seorang raja. Ampun Tuanku! Adalah patik telah mendengar bahawanya tuanku ada memiliki seribu orang hamab tiap-tiap seorang ada mempunyai beberapa ketul emas. Manakala dua ratus orang khadam wanita milik tunaku, masing-masing mempunyai perhiasan yang bernilai. Andaikata tuanku sendirian membelanjakan kesemua itu untuk keperluan pernag sehingga mereka tidak lagi mempunyai barang-barang itu, maka patik bersedia memberi fatwa untuk membenarkan tuanku mengambil harta rakyat.

Kesimpulannya, beliau berfatwa tidak membenarkan baginda mengambil harta rakyat selama kekayaannya sendiri masih dapat dipergunakan. Baginda al-Malik al-Zahir murka kepadanya kerana fatwanya yang amat menggemparkan sehingga baginda mengeluarkan perintah supaya beliau segera keluar dari Damsyik. Imam Nawawi terima saja perintah pengusirannya itu dengan nada yang tenang. Lalu beliau pun keluar ke Nawa. Para ‘ulama Syam telah berusaha menjemput beliau balik semula ke Damsyik, tetapi beliau enggan dengan berkata: “Saya tidak akan balik ke Damsyik selama baginda masih berkuasa”.

(Dikutip dari buku Keramat Wali-wali ; H.A.Fuad Said )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar